Minggu, 01 September 2013

modernisasi

A.  PENGERTIAN MODERNISASI
            Arti kata modernisasi dengan kata dasar modern berasal dari bahasa latin modernus yang dibentuk dari kata modo dan ernus.
Modo  berarti cara dan ernus menunjuk pada adanya periode waktu masa kini. Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern.

Di Bawah ini merupakan pengertian modernisasi menurut para ahli :
1.   Menurut J.W. Schoorl, modernisasi merupakan penerapan pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan , bidang kehidupan , dan aspek kemasyarakatan.
2.   Menurut Wibert E. Moore, modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama dalam dalam bidang teknologi dan organisasi sosial dari yang tradisional kearah pola-pola ekonomis dan polotis yang didahului oleh negara-negara  barat yang telah stabil.
3.   Menurut Koentjaraningrat, modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan keadaan dunia sekarang .
4.   Menurut soerjono soekanto, modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang biasanya terarah dan didasarkan pada suatu perencanaan (sicial planning).
5.   Menurut Astrid S. Susanto, modernoisasi yaitu suatu proses pembangunan yang memberikan kesempatan kearah perubahan demi kemajuan.
6.   Menurut Ogburn dan Nimkoff, modernisasi adalah suatu usaha untuk mengerahkan masyarakat agar dapat memproyeksikan diri kemasa depan yang nyata dan bukan pada angan-angan semu.

CIRI MANUSIA MODERN
        Menurut Alex Ingkeles terdapat 9 ciri manusia modern antara lain sebagai berikut :
1.     Memiliki sikap hidup untuk menerima hal-hal yang baru dan terbuka untuk perubahan
2.     Memiliki keberanian untuk menyatakan pendapat atau opini mengenai lingkungannya sendiri atau kejadian yang terjadi jauh diluar lingkungannya serta dapat bersikap demokratis .
3.     Menghargai waktu dan lebih banyak berorientasi kemasa depan dari pada kemasa lalu.
4.     Memiliki perencanaan dan pengorganisasian.
5.     Percaya diri
6.     Perhitungan
7.     Menghargai harkat hidup manusia lain
8.     Percaya pada ilmu pengetahuan dan teknologi
9.     Menjunjung tinggiu suatu sikap dimana imbalan yang diterima seseorang haruslah sesuai dengan prestasinya dalam masyarakat.
SYARAT-SYARAT MODERNISASI
                        Menurut Soerjono Soekanto syarat tersebut adalah sebagai berikut:
1.     Cara berpikir ilmiyah (scientific thinking) yang sudah melembaga dan tertanam kuat dalam kalangan pemerintah maupun masyarakat luas.
2.     Sistem administrasi negara yang baik dan benar-benar mewujudkan  birokrasi.
3.     Sistem pengumpulan data yang baik , teratur, dan terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu seperti BPS (Biro Pusat Statistik)
4.     Penciptaan iklim yang menyenangkan (favourable) terhadap modernisasi terutama media massa.
5.     Tingkat organisasi yang tinngi , terutama disiplin diri.
6.     Sentralisasi wewenang dalam perencanaan sosial (social planning) yang tidak mementingkan kepentingan pribadi atau golongan.
SIKAP MENTAL MANUSIA MODERN
                Kebudayaan suatu masyarakat dapat menjadi pendorong sekaligus penghambat proses modernisasi. Karna itu sikap mental dan nilai budaya suatu masyarakat sangat menentukan diterima atau ditolaknya suatu perubahan atau modernisasi.
GEJALA-GEJALA MODERNISASI
                Gejala modernisasi dapat ditinjau dari berbagai bidang modernisasi kehidupan manusia sebagai berikut :
1.     Bidang budaya, ditandai dengan semakin terdesaknya budaya tradisional oleh masuknya pengaruh budaya dari luar sehinnga budaya asli semakin pudar.
2.     Bidang politik, ditandai dengan semakin banyaknya negara yang lepas dari penjajahan , munculnya negara-negara yang baru merdeka , tumbuhnya negara-negara demokrasi, lahirnya lembaga-lembaga politik, dan semakin diakuinya hak-hak asasi manusia.
3.     Bidang ekonomi,ditandai dengan semakin kompleksnya kebutuhan manusia akan barang-barang dan jasa sehingga sektor industri dibangun secara besar-besaran untuk memproduksi barang.
4.     Bidang sosial , ditandai dengan semakin banyaknya kelompok baru dalam masyarakat , seperti kelompok buruh, kaum intelektual, kelompok manager, dan kelompok ekonomi kelas (kelas menengah dan kelas atas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar