A. Pendahuluan
Pendidikan Islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk membentuk
pribadi muslim seutuhnya, mengembangkan seluruh potensi manusia baik
yang berbentuk jasmaniyah maupun rohaniyah, menumbuhsuburkan hubungan
yang harmonis setiap pribadi manusia dengan Allah, manusia dan Alam
semesta[1].
Pendidikan islam mengajarkan setiap manusia umumnya dan umat islam
khususnya untuk mencapai dan mewujudkan sebuah tujuan yang sesungguhnya
yaitu untuk selalu taat dan mengabdi kepada Allah Swt. Tujuan ini
merupakan dasar yang paling utama sebagai bentuk pengabdian seorang
hamba kepada Tuhannya.
Tidak semua manusia yang tunduk dan patuh kepada Allah swt.
Ketidakpatuhan tersebut salah satunya didasari tidak adanya pendidikan
dasar islam yang seharusnya sudah diajarkan saat manusia terlahir
kedunia. Allah memberikan sebuah potensi fitrah pada manusia setiap ia
lahir kepermukaaan dibumi ini, namun perlu adanya pendidikan dasar yang
telah dibebankan kepada setiap orang tua sebagai pendidik awal bagi
anaknya. orang tua mempunyai peran penting untuk membimbing, membina
dan mendidik anaknya untuk menjadi anak yang beriman dan bertaqwa
kepada Allah.
Makalah singkat ini akan mengkaji mengenai Konsep Pendidikan Islam yang
sesungguhnya. Bagaimana peran pendidikan Islam dalam mengajarkan dan
membimbing manusia kearah jalan yang benar dan langkah serta upaya apa
yang harus dilakukan pendidik agar dapat mewujudkan manusia atau anak
didik menjadi manusia yang bertaqwa kepada allah.
B. Pembahasan
1. Dasar Utama Pendidikan Islam
Dasar pendidikan Islam tertumpu dalam Al-Qur`an dan sunnah Nabi. Di atas
dua pilar inilah dibangun konsep dasar pendidikan Islam. Titik tolaknya
dimulai dari konsep manusia menurut Islam. Menurut Haidar Putra daulay
dasar pendidikan Islam adalah suatu konsep yang menggambarkan ciri suatu
bentuk baik dalam hal yang nampak ataupun yang tidak terlihat. Manusia
sebagai makhluk yang sempurna yang berperan sebagai subjek dan objek
dalam kehidupan ini harus bijak dan mampu memahami konsep dasar
pendidikan Islam. Untuk dapat memahaminya, maka diperlukan sebuah metode
pembelajaran yang efektif dan efesien serta adanya sarana dan fasilitas
yang sesuai[2].
2. Tujuan Pendidikan Islam
Tujuan pendidikan Islam terkait erat dengan tujuan penciptaan Manusia
sebagai khalifah allah dan sebagai Hamba allah[3]. Dalam rangkaian
tujuan pendidikan Islam, salah satu pakar pendidikan islam mengutarakan
rincian tujuannya yaitu[4]:
- Untuk membantuk pembentukan akhlak
- Persiapan kehidupan di dunia dan Akhirat
- Menumbuhkan ruh ilmiyah
- Menyiapkan peserta didik dari segi profesional.
- Persiapan dalam berusaha untuk mencari rezeki
Sedangkan menurut As Syaibany bahwa tujuan pendidikan Islam adalah
persiapan untuk kehidupan dunia dan akhirat[5]. Dari pengertian di atas
dapat disimpulkan bahwa tujuan pendidikan Islam yang utama adalah
membentuk pribadi seorang muslim dan muslimat untuk menjadi hamba yang
taat, tunduk dan patuh Kepada Allah. Selain itu, Tujuan Pendidikan Islam
juga berorientasi kepada perwujuan suatu sikap yang selalu menghadirkan
Allah sebagai Tuhan yang selalu mengawasi setiap makhluknya. Oleh
karenaya, jika ini terwujud, maka akan terlahirlah bibit-bibit manusia
yang bertaqwa dan beriman dan selalu berada dijalan yang benar dengan
kehidupan bahagia dunia dan akhirat.
3. Aspek-aspek Pendidikan Islam
Manusia terlahir dari dua potensi alam yang berlainan tetapi satu dalam
bentuk. Potensi itu berupa jasmani dan rohani. Potensi jasmani berupa
fisik, sedangkan potensi rohani berupa pemikiran dan perasaan[6]. Kedua
potensi ini sangat perlu pendidikan sebagai upaya mewujudkan manusia
yang fitrah sebagai dasar utama penciptaan manusia sebagai khalifah
dimuka bumi ini. Ada dua hal pola pendidikan yang harus ditanamkan
kepada setiap manusia, pertama pendidikan dalam bidang ilmu pengetahuan
dan pendidikan dalam bidang akhlak dan moral.
Aspek aspek pendidikan yang perlu ditanamkan kepada manusia dalam konsep pendidikan Islam adalah:
- Aspek pendidikan Ketuhanan
- Aspek pendidikan akhlak
- Aspek pendidikan akal dan ilmu pengetahuan
- Aspek pendidikan fisik
- Aspek pendidikan kejiwaan
- Aspek pendidikan keindahan
- Aspek pendidikan keterampilan
4. Upaya Merealisasi Konsep Pendidikan Islam
Untuk merealisasikan konsep pendidikan Islam diperlukan perencanaan pendidikan yang meliputi:
- Kelembagaan
- Kurikulum
- Manajemen
- Pendidik
- Alat, sarana dan fasilitas
- Kebijakan pemerintah
C. Penutup
1. Kesimpulan
Dari keterangan-keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa Konsep
Pendidikan Islam bermuara dalam dasar, tujuan, aspek-aspek serta
realisasi sebagai bukti atas teori yang harus dibuktikan. Mewujudkan
manusia yang beriman dan bertaqwa merupakan satu satunya tujuan akhir
yang dimaksudkan kepada seluruh manusia, Karena pada hakikatnya seluruh
alam yang diciptakan ini sebagai alat dan sarana bagi manusia untuk
membina dan membentuk diri menjadi manusia yang bertanggung jawab atas
amanah yang diberikan.
Keberadaan manusia di atas permukaan bumi ini merupakan satu bukti
kekuasaan allah, oleh karenanya pendidikan islam menuntun untuk
menjadikan setiap insan manusia menjadi manusia yang sesungguhnya yaitu
manusia yang selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah dengan pencapaian
kehidupan yang bahagia baik di dunia dan akhirat.
Daftar Pustaka
- Haidar Putra Daulay, Pemberdayaan Pendidikan Islam Di Indonesia, Jakarta: Rineka cipta, 2009
- Muhammad Al-abrasyi, At-Tarbiyyah al-Islamiyyah wa falasifatuha, Mesir: al-Halabi, 1975
Tidak ada komentar:
Posting Komentar